5 Obat Menyembuhkan Luka Lambung Secara Alami

5 Obat Menyembuhkan Luka Lambung Secara Alami - Luka pada lambung di akibatkan terkikisnya lapisan dinding lambung, biasanya kondisi ini disebut juga tukak lambung, lendir yang da pada perut untuk melindungi lambung dari cairan pencernaan berkurang, sehingga asam pencernaan berbalik menggrogoti lapisan dinding lambung sampai terkikis.

Kondisi yang umum atau sering terjadi pada tukak lambung adalah nyeri ulu hati, pada usia sekitar 60an tahun lebih sangat beresiko mengalami kondisi semacam ini. meskipun penyakit tukak lambung dapat menyerang sipa saja dan tidak pandang usia, sebenarnya sakit tukak lambung ini mudah di sembuhkan dengan obat-obat yang alami, namun jika obat yang di gunakan tidak tepat malah akan memperburuk keadaan.

Untuk mengobati luka lambung ringan anda bisa mencoba ke 5 obat menyembuhkan luka lambung secara alami ini, sebelum anda memutuskan ke dokter.


Konsumsi pisang

Terlepas dari kebenaran bahwa pisang tidak bisa menghilangkan luka lambung yang sudah ada, namun setidaknya pisang dapat melindungi lapisan perut sehingga dapat meringankan gejala sakit maag. Jadi apabila Anda mulai merasakan gejala-gejala sakit maag, mengonsumsi pisang secukupnya adalah pilihan yang sangat tepat.

Makan ubi jalar putih

Makan ubi jalar yang berwarna putih dapat meringankan sakit maag. Penelitian telah membuktikan bahwa ubi jalar putih bersifat menyembuhkan luka pada lambung.

Konsumsi madu murni

Memperbanyak konsumsi madu dapat membantu menyembuhkan luka lambung atau sakit maag. Madu adalah antibiotik alami yang bersifat antibakteri H. pylori yang menyebabkan sakit lambung. Beberapa sendok madu saja  tiap harinya sudah cukup membantu untuk memulihkan kondisi lambung anda.

Konsumsi licorice

Seperti madu, akar manis (licorice) juga bisa dimanfaatkan untuk melawan bakteri H. pylori. Akar ini diambil ekstraknya kemudian dikonsumsi untuk membantu menyembuhkan sakit maag. Namun, Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi ekstrak akar manis untuk menghindari efek samping yang mungkin membahayakan yang akan di timbulkan.

Utamakan makanan yang kaya antioksidan

Sembarang memilih makanan dapat membuat radikal bebas turut masuk ke lambung. Radikal bebas ini bersifat memecah lapisan pelindung lambung dan membuat kondisi maag memburuk. Karenanya, konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan yang pada dasarnya berfungsi menghancurkan radikal bebas. Jenis makanan yang kaya antioksidan, antara lain teh hijau, kacang-kacangan, cokelat, aneka jenis buah beri, jus delima, jus anggur, dan produk berbahan dasar tomat.

Lebih pertimbangkan makanan yang mengandung flavonoid

Flavonoid adalah senyawa organik. Seperti halnya zat antioksidan, flavonoid bersifat menghancurkan radikal bebas sehingga dapat melindungi lapisan perut. Makanan yang kaya flavonoid adalah apel, jeruk, stroberi, bluberi, tomat, teh hijau, teh hitam, teh oolong, dan buah persik.

Minum jus kubis

Mungkin terdengar sangat aneh jika kubis dijadikan jus, namun khasiat minuman ini dinilai efektif dalam menyembuhkan luka lambung. Jus kubis mengandung bakteri penghasil asam laktat. Bakteri inilah yang kemudian secara alami melawan bakteri penyebab sakit pada lambung. Takaran jus kubis yang dianjurkan adalah 50 ml sebanyak dua kali sehari. Manfaat meminum jus kubis untuk mengatasi luka lambung menjadi lebih efektif ketika perut masih dalam keadaan kosong.

Perlu diperhatikan bahwa meskipun anda sudah berupaya merawat luka lambung dengan cara-cara alami dan juga menyehatkan, tetaplah rajin memantau perkembangan diri sendiri. Waspadai jika Anda mengalami gejala seperti muntah darah dengan kondisi darah berwarna merah, cokelat gelap, atau tampak bertekstur kasar menyerupai bubuk kopi. Selain itu, waspadai jika tinja bertekstur lengket dan berwarna gelap. Maka dari itu, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis secara tepat.

Related : 5 Obat Menyembuhkan Luka Lambung Secara Alami